Loading...

Sustainable Development Goals(SDGs) - Mengakhiri Kelaparan

Innovillage
Share post:

BANDUNG, Telkom University – Tidak semua orang memiliki akses mudah ke makanan yang mereka butuhkan, dan  kelaparan serta kekurangan gizi merajalela di seluruh dunia. Saat ini, sebagian besar  penduduk dunia mengalami kekurangan gizi kronis dan tidak dapat makan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi minimal mereka. Jutaan anak di bawah usia lima tahun (bayi) menderita kekurangan gizi kronis atau akut pada saat  kekurangan pangan,  kelaparan dan kerusuhan sosial, dan jumlahnya terus meningkat. 

Penyebab kelaparan antara lain kemiskinan, ketidakstabilan sistem pemerintahan, penggunaan lingkungan di luar kemampuan, diskriminasi dan ketidakberdayaan  anak-anak, perempuan dan orang tua. Demikian pula, subsidi pangan yang terbatas, kenaikan harga pangan, penurunan pendapatan dan pengangguran yang tinggi adalah penyebab utama  kelaparan.

Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik, serta mendukung pertanian berkelanjutan merupakan tujuan utama SDGs ini. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang kedua memiliki perhatian khusus dalam meningkatkan investasi lewat peningkatan kerjasama internasional, infrastruktur di pedesaan, penelitian agrikultur, dan perluasan layanan. Serta pengembangan teknologi dan bank gen tanaman dan ternak dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi pertanian di negara-negara berkembang, khususnya negara-negara kurang berkembang. Termasuk juga di dalamnya untuk mendukung pertanian berkelanjutan, memberdayakan petani kecil, mempromosikan kesetaraan gender, mengakhiri kemiskinan pedesaan, memastikan gaya hidup sehat, dan mengatasi perubahan iklim.


#Innovillage2022
Share post:
Top