Loading...

Telkom Indonesia Dukung Pengembangan Digital Talent melalui Innovillage

Innovillage
Share post:

Bandung, 16 November 2023

Program sociopreneurship terbesar di Indonesia, Innovilage 2023, kembali menyelenggarakan sosialisasi. Sosialisasi dilaksanakan di perguruan tinggi wilayah Kalimantan, Sulawesi, Gorontalo dan Papua secara online melalui Zoom Meeting pada Kamis (16/11). Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen yang berasal dari Perguruan Tinggi wilayah Kalimantan, Sulawesi, Gorontalo dan Papua.

Innovillage 2023 merupakan program social project kolaborasi Telkom Indonesia melalui Community Development Center dan Telkom University sebagai Host. Innovillage 2023 mengusung tema ‘Empowering Young Sociopreneur for National Development’ dan tagline #DigitaluntukSemua, hadir kembali dan mengajak perguruan tinggi dan mahasiswa seluruh Indonesia untuk bergabung, berinovasi serta bersama-sama menyelesaikan masalah yang di masyarakat selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals atau SDGs.

General Manager Enterprise and Goverments Service Telkom Regional 7, Ella Feronika menjelaskan bahwa Innovillage ini merupakan salah satu program CSR Telkom Indonesia yang berupa kompetisi socioproject bagi para mahasiswa. Mahasiswa nanti diminta menemukan pain point masyarakat sekitar, selanjutnya merancang proposal solusi berbasis digital dan teknologi yang tepat guna untuk diajukan ke kompetisi Innovillage yang tentunya kedepan diharapkan mendapatkan pendanaan dan awarding.

“Ini adalah penyelenggaraan tahun keempat, kita sudah mulai dari tahun 2020 sampai terakhir 2022, yang mana dari tahun ke tahun peminatnya terus meningkat. Oleh karena itu di tahun 2023 ini juga kita berharap pesertanya akan lebih banyak lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Ella Feronika juga mengatakan bahwa pada tahun 2022, Telkom telah mendanai 150 project proposal dari 120 perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini ada perguruan tinggi yang di Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua juga terlibat di dalamnya.

“Oleh karena itu, kenapa kita melakukan sosialisasi ini, kami mengajak kepada seluruh adik-adik mahasiswa yang ada di Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua karena ini sangat baik untuk para mahasiswa sendiri bisa menjadi kuliah kerja nyata dengan menemukan pain point yang ada di masyarakat kemudian dapat memberikan solusi dengan inovasi-inovasi digital yang dikembangkan sendiri.”

Ella Feronika juga menambahkan bahwa Telkom selama ini terdepan mendukung solusi ICT perguruan tinggi untuk produk connectivity maupun solusi-solusi lainnya. Telkom sudah menjadi bagian didalamnya dan akan terus support dari sisi ICT bagi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Indonesia, dalam hal ini di Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Untuk program Innovillage ini akan menjadi pelengkap kehadiran Telkom di perguruan tinggi bahwa Telkom juga berkomitmen penuh untuk mendukung kontribusi pendidikan dan penelitan bagi mahasiswa sebegai generasi muda penerus bangsa, maupun program-program pemberdayaan masyarakat yang bekerja sama dengan perguruan tinggi. Diharapkan ini akan mengembangkan digital talent yang sangat dibutuhkan oleh bangsa kita.

“Karena itu kami berharap dari program Innovillage ini akan muncul talent-talent yang dapat bekerja dan berkontribusi melalui Telkom Group. Untuk itu, saya mengajak untuk adik-adik mahasiswa dan dosen untuk bisa mendaftarkan diri. Ayo join pada kegiatan Innovillage 2023 ini yang tentunya memiliki hadiah yang sangat menarik dan menggiurkan.”

Penulis: Sonia Dewi | Editor: Runik Machfiroh | Foto: Tim Innovillage

#Telkom Indonesia #Innovillage #Telkom University #Innovillage 2023 #CDC Telkom Indonesia
Share post:
Top