Loading...

Sustainable Development Goals(SDGs) - Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan

Innovillage
Share post:

BANDUNG, Telkom University – Semua masalah kesehatan dalam SDGs diintegrasikan ke dalam satu tujuan, yaitu tujuan nomor 3. Hal ini untuk memastikan kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan mereka untuk semua orang dari segala usia. Inti dari semua tujuan ini adalah gizi masyarakat, sistem kesehatan nasional, akses kesehatan dan reproduksi, Keluarga Berencana (KB), serta sanitasi dan air bersih. 

Tantangan utama dalam melaksanakan agenda pembangunan berkelanjutan di Indonesia adalah reformulasi konsep pembangunan yang terintegrasi dan penempatan kesehatan sebagai satu rangkaian proses manajemen pembangunan yang meliputi input, process, output, outcome dan impact pembangunan serta memahamkan bersama akan substansi pembangunan kesehatan yang harus dilaksanakan bersama di era desentralisasi dan demokratisasi saat ini. Program yang dilaksanakan untuk mengimplementasikan SDGs di bidang kesehatan adalah memastikan kehidupan yang sehat, mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia, memperkuat perlindungan sosial, dan meningkatkan pelayanan kesehatan. 

Target dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ketiga adalah untuk mengurangi rasio kematian ibu secara global, mengakhiri kematian yang dapat dicegah pada bayi baru lahir dan anak-anak, mengakhiri epidemi AIDS, TBC, malaria dan penyakit menular lainnya, menurunkan angka kematian akibat penyakit tidak menular; memperkuat pencegahan dan pengobatan penyalahgunaan zat berbahaya, mengurangi separuh jumlah kematian dan cedera akibat kecelakaan lalu lintas, memastikan akses universal ke layanan kesehatan seksual dan reproduksi, mencapai cakupan kesehatan universal, dan mengurangi jumlah kematian dan penyakit akibat bahan kimia berbahaya dan juga polusi.


#Innovillage2022
Share post:
Top