Loading...

Sustainable Development Goals(SDGs) - Kesetaraan Gender

Innovillage
Share post:

BANDUNG, Telkom University – Gender adalah perbedaan peran, atribut, sifat, sikap dan perilaku yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Peran gender dibagi menjadi peran produktif, peran reproduktif, dan peran sosial. Istilah gender dapat diartikan sebagai peran dan perilaku pembentuk masyarakat  yang tertanam melalui proses sosialisasi terkait gender perempuan dan laki-laki. 

Ada perbedaan  biologis antara perempuan dan laki-laki, tetapi budaya menafsirkan perbedaan biologis ini ke dalam seperangkat tuntutan masyarakat untuk kesesuaian perilaku dan, pada gilirannya, hak, sumber daya, dan kekuasaan meningkat. Persyaratan ini bervariasi dari masyarakat ke masyarakat, tetapi ada beberapa kesamaan penting. Misalnya, hampir semua kelompok masyarakat mendelegasikan tanggung jawab pengasuhan anak kepada perempuan dan tugas militer kepada laki-laki. Gender, seperti halnya ras, suku, dan kelas, merupakan kategori sosial yang sangat mempengaruhi bagaimana orang hidup  dan berpartisipasi dalam masyarakat dan ekonomi. 

Memperkuat kebijakan dan undang-undang yang dapat ditegakkan dapat mempromosikan kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan. Target dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang kelima adalah mengakhiri segala bentuk diskriminasi terhadap semua perempuan dan anak perempuan dimana saja, Mengeliminasi segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan pada ruang publik dan privat, memastikan adanya akses universal terhadap kesehatan seksual dan reproduksi dan hak reproduksi, dan memastikan bahwa semua perempuan dapat berpartisipasi penuh dan mendapat kesempatan yang sama untuk kepemimpinan pada semua level pengambilan keputusan dalam kehidupan politik, ekonomi dan publik.


#Innovillage2022
Share post:
Top