Loading...

Sustainable Development Goals(SDGs) - Akses Air Bersih dan Sanitasi

Innovillage
Share post:

BANDUNG, Telkom University – Air minum sangat penting bagi kehidupan  di bumi. Air adalah sumber kehidupan dan kebutuhan dasar  kehidupan. Kebutuhan dasar tersebut harus dipenuhi oleh sistem penyediaan air minum yang berkualitas, sehat, efisien, efektif dan terintegrasi untuk bidang kebersihan. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, masyarakat dapat menjalani kehidupan yang sehat, produktif dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Air bersih dan sanitasi yang layak merupakan kebutuhan dasar manusia. Salah satu poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Lingkungan (SDGs) adalah memastikan bahwa masyarakat memiliki akses universal terhadap air bersih dan sanitasi. Program yang dilaksanakan untuk mengimplementasikan SDGs di bidang akses air bersih dan sanitasi adalah memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi bagi semua. 

Target dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang keenam adalah mencapai akses universal dan adil terhadap air minum yang aman dan terjangkau untuk semua, mencapai akses terhadap sanitasi dan kebersihan yang layak dan adil untuk semua dan mengakhiri buang air di tempat terbuka, dengan memberikan perhatian khusus pada kebutuhan perempuan dan anak perempuan serta mereka yang berada dalam situasi rentan, memperbaiki kualitas air dengan mengurangi polusi, menghapuskan pembuangan limbah dan meminimalisir pembuangan bahan kimia dan materi berbahaya, mengurangi separuh dari proporsi air limbah yang tidak diolah dan secara substansial meningkatkan daur ulang dan penggunaan ulang yang aman secara global, secara substantif meningkatkan penggunaan air secara efisien di semua sektor, mengimplementasikan pengelolaan sumber air yang terintegrasi pada setiap level.


#Innovillage2022
Share post:
Top