Loading...

Sustainable Development Goals (SDGs) - Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab

Innovillage
Share post:

BANDUNG, Telkom University – Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab merupakan salah satu dari total 17 Sustainable Development Goals (SDGs) yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. Para pemimpin dunia telah menyepakati suatu rencana aksi global ini demi pembangunan yang lebih maju kedepannya. Social Project Innovilage harus memiliki unsur kemanfaatan untuk masyarakat, solusi digital, kolaborasi dan sustainable serta memiliki keterkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) mendorong terciptanya kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang terukur.

Dengan memastikan penggunaan sumber alam dengan efisien serta pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. Target dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang kedua belas adalah mencapai manajemen berkelanjutan dan penggunaan yang efisien dari sumber daya alam, mengurangi separuh jumlah dari sampah pangan global perkapita pada tingkat retail dan konsumen, meraih manajemen ramah lingkungan dari bahan kimia dan limbah lainnya sepanjang siklus hidupnya, secara substansial mengurangi produksi limbah melalui tindakan pencegahan, pengurangan, daur ulang dan penggunaan kembali, dan mendorong perusahaan mengadopsi praktek-praktek yang bekelanjutan.

Contoh social project Innovilage pada tahun sebelumnya yang termasuk kedalam Sustainable Development Goals (SDGs) konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab yaitu “Smart Irrigation Controlling dengan Metode Sumur Submersibel untuk Peningkatan Produktivitas Pertanian di Provinsi Jawa Tengah” dengan mengusulkan perancangan dan pembuatan sistem irigasi berbasis IoT dengan metode sumur submersible dalam menunjang pengairan pertanian. Adapun fungsi dan tujuan yang diusulkan dari sistem irigasi berbasis IoT yaitu untuk memudahkan dalam memonitoring, menjadwalkan dan mengecek kualitas air. Dengan pemanfaatan metode sumur submersible, tujuan dari smart irrigation untuk meningkatkan produksi pertanian tersebut terpenuhi. Selain itu, kami mengemas smart irrigation berbasis IoT kedalam sebuah aplikasi “Smart Irrigation Controlling”. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang terkoneksi dengan IoT untuk membantu mengelola pemeriksaan dan penjadwalan air dari sumur submersible yang nantinya diterapkan dalam pengairan lahan pertanian.

##Innovillage2022
Share post:
Top