Loading...

Ngatour: Virtual Tour Destinasi Wisata Ngarai Sianok

Innovillage
Share post:

Desa Sianok merupakan sebuah desa yang terletak di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Desa Sianok terkenal dengan keindahan destinasi wisatanya yang beragam, contohnya seperti Ngarai Sianok dan Taman Panorama. Sejak tahun 2020, pariwisata di Kota Bukittinggi mengalami penurunan wisatawan hingga 50% yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, harus ada solusi untuk  meningkatkan kembali jumlah wisatawan, khususnya wisatawan Ngarai Sianok dan Taman Panorama. Solusi ini adalah berupa pengenalan Ngarai Sianok dan Taman Panorama kepada masyarakat lokal dan nonlokal melalui realitas virtual atau virtual reality (VR). VR adalah sebuah antarmuka pengguna kelas atas yang melibatkan simulasi real time dan interaksi melalui beberapa sensor (penglihatan, suara, sentuhan, bau, dan rasa).

Pengenalan Ngarai Sianok dan Taman Panorama akan menggunakan konsep VR yang menampilkan gambar 360 yang disertai direction ke suatu tempat tertentu. Media VR akan membantu dan memudahkan pengunjung yang ingin berkunjung ke Ngarai Sianok dan Taman Panorama dengan menampilkan suasana dan keadaan agar wisatawan dengan mudah mengenalinya sebelum dikunjungi. VR ini kemudian akan diimplementasikan ke dalam aplikasi yang dinamakan Ngatour (Ngarai Sianok Virtual Tour). Aplikasi ini akan menampilkan street view 360 dari Ngarai Sianok dan Taman Panorama.Ngatour akan digunakan sebagai media advertising yang nantinya akan digunakan oleh Dinas Pariwisata Kota Buktinggi untuk mempromosikan Ngarai Sianok dan Taman Panorama. Ngatour ini kemudian akan memperbaiki atau memulihkan jumlah pengunjung wisata Ngarai Sianok dan Taman Panorama dan membantu pertumbuhan ekonomi Desa Sianok. Tujuan dari advertising menggunakan VR adalah agar masyarakat lebih tertarik mengunjungi Ngarai Sianok dan Taman Panorama. Jika banyak pengunjung yang tertarik, maka hal tersebut dapat membantu para pelaku UMKM didaerah sekitar dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah, sehingga rodaperekonomian dapat terus berjalan sesuai dengan tujuan SGDs poin 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Advertising dengan VR adalah salah satu bentuk bentuk inovasi dalam bidang pendidikan kepada masyarat mengenai asal usul Ngarai Sianok. Hal ini sejalan dengan tujuan dari SDGs poin 4 yaitu Pendidikan Berkualitas. Selain itu, tujuan dari social project ini adalah untuk membantu mitra dalam meningkatkan jumlah pengunjung Ngarai Sianok yang menurun akibat Covid-19 sesuai dengan tujuan SDGs poin 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. 

Video Implementasi tahap awal : https://youtu.be/-BPVEGAKS-E

Video Implementasi tahap tengah  : https://youtu.be/JFksHwhIoe8

Video Implementasi tahap akhir : https://youtu.be/K3U0TKBdBvU

#Innovillage2022 #DigitalUntukSemua
Share post:
Top