Loading...

JOSH GARDEN : Sistem Monitoring Budidaya Tanaman Mawar Berbasis Internet of Things (IoT) dengan Penerapan Konsep Fuzzy Logic Melalui Model Pertanian Modern dalam Rangka Mendongkrak Tingkat Produktivitas Petani Di Desa Ngliman

Innovillage
Share post:

Pada tanggal 5 Oktober 2022 koordinasi melalui whatsapp dimana membahas mengenai rencana implementasi secara menyeluruh. Pada koordinasi pertama ini tim membahas pokok-pokok yang harus dilakukan sebelum implementasi lapangan, saat implementasi lapangan, serta pasca implementasi lapangan. Hal ini dikarenakan perencanaan sangat penting bagi keberlangsungan kegiatan implementasi kedepannya.

Pada tanggal 7 Oktober 2022 melakukan sesi konsultasi dengan dosen pembimbing yakni Bapak AMA Suyanto yang saatini sedang berada di Negara Belanda. Ketua tim bersama pembimbing melakukan komunikasi mengenai kendala yang mengharuskan anggota tim dari Josh-Garden harus di drop. Hal ini berdasarkan perintah dari Kaprodi S1 MBTI yang melarang mahasiswa MBKM untuk mengikuti program innovillage. Dengan terpaksa tim Josh-Garden harus kehilangan Nurfathin Dalila Syafwanidalamadministrasi. Meskipun demikian, Nurfathin Dalila Syafwanitetap menjadi keluarga tim Josh-Garden karena bagaimanapun juga ide inovasi ini terlahir dari kami berdua.

Pada tanggal 10Oktober 2022 akhirnya kami memutuskan untuk menghubungi developer dari Malang yang memang sudah pernah bekerjasama dengan ketua tim dilain proyek. Ketua tim menghubungi terlebih dahulu developer dan menyampaikan maksud serta tujuan proyek secara garis besar. Setelah itu, meeting dilanjutkan bersama dengan anggota tim Josh-Garden. Dalam keputusan menggunakan jasa developer ini tidak lain adalah mengingat tim Josh-Garden hanyamemiliki waktu yang sangatsingkat untuk melakukan implementasiserta tempat yang begitu jauh. Sehingga, jasa developer disini sangat diperlukan untuk meringankan implementasi meskipun hanya dibidang pemasangan IoT saja.

Pembelian pupuk racikan Pembelian pupuk racikan dilakukan oleh eka disalah satu sentra pupuk di jawa barat yaitu sindy marleb yang terletak di Cihideung. Pada kunjungan ini dilakukan setelah pemasangan IoT dan juga pengaplikasian inovasi monitoring terhadap tanah menggunakan sensor dan juga pemberian pupuk racikan. Dilapangan di damping oleh pak bayan selaku perangkat desa sekaligus pemilik lahan yang digunakan untuk implementasi melakukan kunjungan ke lokasi serta berkomunikasi mengenai program dan hasil. Lahan yang digunakan implementasi sudah menunjukkan hasil sesuai dengan harapan dari tim. Hasil yang melimpah dan kualitas yang lebih bagus dari yang tidak dilakukan implementasi menjadi indicator utama dalam hasil dari implementasi ini. Hasil dari implementasi dikomunikasikan kepada warga sebagai wujud rasa tanggung jawab untuk memberikan pengetahuan dan penyelesaian masalah yang selama ini petani mawar hadapi dan belum terpecahkan. Pada sesi sharing session ini dilakukan untuk bertukar pengalaman serta knowledge bersama para petani mawar sehingga dapat menemukan solusi untuk permasalahan yang lainnya. Pada sesi ini petani bersama perangkat dan juga sesepuh desa berharap nantinya program ini akan terus berkembang sehingga dapat mensukseskan tanaman mawar di Desa Ngliman.

Video implementasi project klik disini.
#Innovillage2022 #DigitalUntukSemua
Share post:
Top