Loading...

SUNARFARM: TEKNOLOGI DIGITAL PERTANIAN DALAM PENGENDALIAN HAMA PADI UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL PANEN

Innovillage
Share post:

Alat pengusir serangga dan tikus yang ingin dibuat peneliti adalah alat yang beroperasi dominan pada malam hari berfungsi melindungi padi dari hama. Alat pengusir serangga pertanian daerah didukung daya dari panel surya dan menyimpan daya pada baterai sehingga mendapat tenaga untuk beroperasi pada malam hari. Penggunaan solar cell bertujuan untuk mendapat energi atau sumber daya bersih yang membuat alat ini menjadi ramah lingkungan. Alat ini berisikan lampu pijar dan dibawahnya akan ada tempat berisikan air sebagai trap untuk serangga yang tertarik pada cahaya, selain itu akan ada alat berbasis gelombang suara yang tidak disukai tikus agar hama tikus pergi menjauh dari lingkup pertanian, alat ini dapat berfungsi secara otomatis jika hari menjelang malam dengan mensetting controller pada solar panel.

Pada minggu ke-5 dan ke-6 yakni minggu terakhir implementasi sosial project, kami dari tim Sunar Farm melakukan finalisasi pembuatan alat pengendali hama yang dimana telah sesuai dengan timeline pelaksanaan proyek. Untuk detail alat yang telah kami rancang, terdapat pada lampiran laporan ini. Berikut timeline proyek kami yang telah terlaksana.

Sosialisasi penyuluhan alat yang kami lakukan, awalnya akan dilaksanakan di tanggal 27 November 2022. Namun karena ada sesuatu dan lain hal di desa, sehingga terjadi pengunduran sosialisasi pengenalan alat kepada petani di Desa Petang. Untuk mengganti tanggal yang batal tersebut, tim akan melaksanakan penyuluhan alat di tanggal 30 November 2022 yang berlokasi di kantor Perbekel Desa Petang. Sosialisasi alat ini nantinya akan dihadiri oleh bapak Kepala Desa Petang, petani di Desa Petang, kepala Subak Abian dan beberapa perangkat desa. Diharapkan, dengan hadirnya alat pengendali hama wereng, walang sangit dan tikus, dapat membawa dampak yang baik bagi keberlangsungan ekosistem di persawahan. Sehingga, target kami untuk penghasilan padi di Desa Petang dapat meningkat signifikan di di tahun 2023.

Video implementasi project klik disini.

#Innovillage2022 #DigitalUntukSemua
Share post:
Top