Loading...

NELAYAN DESA ADAT KELAN MENGGELIAT MELALUI REVITALISASI PEMASARAN SUMBER DAYA LAUT BERBASIS E-FISHIEN

Innovillage
Share post:

Tim Flamboyan melaksanakan koordinasi bersama anggota tim tentang hal-hal apa saja yang akan dilakukan pada saat tahap implementasi tahap ketiga. Pada tahap ketiga ini rencananya, tim kami akan melakukan sosialisasi dan mengulas kembali tentang hal hal apa saja yang Tim Flamboyan lakukan kepada masyarakat Desa Adat Kelan dari implementasi tahap pertama, implementasi tahap kedua dan implementasi tahap ketiga. Selain itu kami juga melakukan koordinasi untuk hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan baik itu sarana maupun prasarana.

Pada implementasi tahap ketiga ini, kami melaksanakan kegiatan promosi aplikasi dengan menggunakan media spanduk. Untuk kegiatan pembuatan aplikasi E-Fishien, aplikasi tersebut sudah jadi dan kegiatan pada implementasi tahap ketiga ini berfokus kepada kegiatan promosi saja dan mengulas kembali apa yang telah dilakukan pada implementasi tahap pertama, implementasi tahap kedua, dan implementasi tahap ketiga. Berikut ini adalah desain spanduk untuk mempromosikan aplikasi E-Fishien.

Implementasi tahap ketiga kami laksanakan pada hari minggu tanggal 22 November 2022 di Sekretariat Desa Adat Kelan. Pada tahap implementasi tahap ketiga kami melaksanakan kegiatan melakukan sosialisasi dan mengulas kembali tentang hal-hal apa saja yang Tim Flamboyan lakukan kepada masyarakat Desa Adat Kelan dari implementasi tahap pertama, implementasi tahap kedua dan implementasi tahap ketiga. Selain itu, tim kami akan membahas tentang membahas bagaimana keberlanjutan aplikasi E-Fishien di Desa Adat Kelan. Hasil yang diperoleh bahwa kelompok sadar wisata yang mengelola pantai Kelan, Desa Adat Kelan akan melanjutkan dan mengembangkan aplikasi E-Fishien ini. Sebuah aplikasi harus terus dikembangkan dan diperbarui untuk setiap periode agar aplikasi tersebut bisa berjalan sesuai dengan fungsinya. Kami memutuskan untuk menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab aplikasi E-Fishien kepada warga Desa Adat Kelan dengan harapan bahwa aplikasi ini nantinya akan berguna bagi kegiatan pemasaran sumber daya laut di Desa Adat Kelan, Badung, Bali.

Kepala Desa dan masyarakat Desa Adat Kelan, para nelayan dan juga masyarakat memberikan tanggapan yang positif apa yang telah tim Flamboyan lakukan terhadap Desa Adat Kelan khususnya dalam hal membantu kegiatan ekonomi yang bersumber dari kegiatan jual beli sumber daya laut di Desa Adat Kelan. Kepala Desa Adat Kelan beserta masyarakat mengucapkan terima kasih atas apa yang tim kami lakukan dari bulan Oktober hingga November. Mulai dari tahap pengenalan masalah dan solusi, tahap pengenalan cara penggunaan aplikasi hingga tahap ulasan kegiatan Innovillage 2022 di Desa Kelan ini. Harapan dari masyarakat Desa Adat Kelan adalah semoga aplikasi E-Fishien ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Desa Adat Kelan dan semoga aplikasi ini menjadi solusi atas tidak adanya pasar khusus ikan di Desa Adat Kelan.

Link video implementasi dapat dilihat disini.

#Innovillage2022 #DigitalUntukSemua
Share post:
Top