Loading...

ALJABAR: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Implementasi SDN Cibuni)

Innovillage
Share post:

Setelah pengumuman TOP 150 SOCIAL PROJECT, selanjutnya memasuki tahap periode implementasi pertama ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan dan Surat Tugas. Kemudian, melakukan koordinasi awal dengan anggota tim, dosen pembimbing, SDN Cibuni, dan Desa Sukaresmi. Setelah itu kami memanfaatkan dana yang telah masuk pada termin pertama yaitu sebesar Rp. 6,291,035. Dana tersebut disesuaikan dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang telah diajukan pada proposal. Namun ada beberapa perubahan, sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian kami melakukan koordinasi langsung dengan pihak SDN Cibuni dan melakukan observasi terkait aplikasi dan modul pembelajaran yang akan kami susun. Adapun terdapat tiga topik yang kami gunakan di dalam modul pembelajaran yaitu dalam Mata Pelajaran IPA, Matematika, dan IPS. Pada Mata Pelajaran IPA kami memasukkan topik Sistem Tata Surya, untuk Matematika terdapat Bangun Ruang, dan untuk IPS kami memasukkan Negara-Negara ASEAN.

Kemudian kami mengumpulkan referensi terkait modul tersebut. Setelah implementasi tahap pertama, kami melaksanakan tahap kedua. Pada tahap ini kami melakukan penyusunan modul pembelajaran. Selain itu, kami memulai untuk membangun aplikasi dan melakukan revisi-revisi yang disesuaikan dengan modul pembelajaran. Pada aplikasi tersebut, kami memasukan 3D objek, fitur rotasi, dan deskripsi di dalamnya. Dengan demikian hal tersebut dapat membantu proses pembelajaran. Namun aplikasi tersebut harus dievaluasi dan direvisi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada implementasi kedua, kami melakukan koordinasi lanjutan dengan salah satu guru di SDN Cibuni terkait progress yang kami lakukan sejauh ini. Dan menurut beliau, aplikasi dan modul pembelajarannya sudah sesuai untuk dilakukan pada proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) karena terdapat pada susunan kurikulum pembelajaran di Kelas 6. Sehingga hal tersebut dapat digunakan segera pada semester selanjutnya.

Dan pada proses implementasi tahap akhir, kami melakukan evaluasi terhadap aplikasi setelah melakukan testing pada aplikasi tersebut. Terdapat beberapa fitur yang kamu masukkan, seperti fitur rotasi 3D objek, fitur zoom in dan zoom out, dan deskripsi objek. Setelah dievaluasi dan revisi, kami melakukan final test bersama dosen pembimbing untuk selanjutnya dapat diperkenalkan kepada para siswa dan guru-guru di SDN CIbuni. Setelah final test selesai, kami bersama-sama mengunjungi SDN Cibuni untuk memperkenalkan aplikasi yang kami bangun sekaligus penyerahan perangkat untuk dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pihak SDN Cibuni dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Video implementasi project klik disini.

#Innovillage2022 #DigitalUntukSemua
Share post:
Top