Loading...

VR-Dewina: Virtual Reality dan Digitalisasi Desa Wisata Nanas Madu Pemalang (Dewi Nadulang)

Innovillage
Share post:

Program desa wisata yang saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, dan memajukankebudayaan. Suatu desa yang memiliki potensi dapat diangkat dan dikembangkan sehingga memberikan nilai tambah baik dari segi produktivitas maupun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Komunitas Dewi Nadulang (Desa wisata Nanas Madu Pemalang) yang berada di Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah memiliki potensi sumber daya alam dari berbagai aspek baik itu edukasi, adventure, sport, maupun ekonomi karena desa tersebut memiliki perkebunan nanas madu yang melimpah. Kami berinovasi untuk membuat proyek bernama VR-Dewina: Virtual Reality dan Digitalisasi Desa Wisata Nanas Madu Pemalang (Dewi Nadulang) dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki dari segi alamnya maupun produk olahan nanas yang dihasilkan agar mampu meraih lebih banyak konsumen.

Proyek ini dilaksanakan sekitar 40 hari dengan kami melakukan implementasi di pemalang sebanyak tiga kali. Pertama, pada akhir Oktober 2022 kami melakukan sosialisasi mengenai proyek yang akan dilaksanakan dan juga survey mengenai tempat mana saja yang hendak dibuatkan VR. Kedua, kami melakukan perekaman gambar tempat wisata pada awal pertengahan November 2022. Terakhir, setelah produk VR dan digitalisasi mengenai website Nadulang selesai, kami kembali ke Pemalang untuk melakukan sosialisasi yang bertepatan dengan event tahunan Nadulang pada 26-27 November 2022. Pihak Dewi Nadulang sangat mendukung penuh proyek yang kami lakukan apalagi dengan masalah yang mereka alami yaitu matinya website Dewi Nadulang dan seluruh data di dalamnya tidak dapat diselamatkan sehingga mereka perlu membangun website dari nol.

Mereka memang membutuhkan inovasi yang mampu mempromosikan potensi wisata dari desa yang dimiliki. Akses terhadap berbagai kebutuhan dalam menunjang proyek ini sangat mudah karena ketua pengelola dari Dewi Nadulang turun secara langsung dan mengarahkan kami kepada masing-masing pengelola desa sehingga sarana komunikasi dan informasi terjalin lancar untuk memenuhi kebutuhan dalam proyek ini.

Keberadaan VR-Dewina diharapkan dapat meningkatkan sarana promosi yang dilakukan oleh Dewi Nadulang sehingga mampu meraih lebih banyak konsumen dan meningkatkan perekonomian masyarakat sana. Pengelolaan website dan VR Dewi Nadulang semoga dapat bertahan lama dan mampu terus dikembangkan dalam rangka beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Pemerintah pun diharapkan dapat mendukung program digitalisasi ini dan semoga bisa diakui karena menjadi salah satu program dalam rangka gencarnya program desa wisata.

Yuk ikuti keseruannya disini : https://www.youtube.com/channel/UCWv2RVboq4uu9Cv3ih5PVDA

#Innovillage2022 #DigitalUntukSemua
Share post:
Top