Loading...

Antusiasme Peserta Innovillage 2023 Semakin Meningkat

Innovillage
Share post:

Bandung, 15 November 2023

Program sociopreneurship terbesar di Indonesia, Innovilage 2023, kembali menyelenggarakan sosialisasi. Sosialisasi dilaksanakan di perguruan tinggi wilayah Sumatera dan Jabodetabek secara online melalui Zoom Meeting pada Rabu (15/11). Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen yang berasal dari Perguruan Tinggi wilayah Sumatera dan Jabodetabek.

Innovillage 2023 merupakan salah satu program inovasi dibidang pengabdian masyarakat melalui mahasiswa yang telah diselenggarakan sejak tiga tahun yang lalu dan saat ini memasuki penyelenggaraan tahun ke empat. Program social project ini merupakan program kolaborasi Telkom Indonesia melalui Community Development Center dan Telkom University sebagai Host.

Innovillage 2023 mengusung tema ‘Empowering Young Sociopreneur for National Development’ dan tagline #DigitaluntukSemua, hadir kembali dan mengajak perguruan tinggi dan mahasiswa seluruh Indonesia untuk bergabung, berinovasi serta bersama-sama menyelesaikan masalah yang di masyarakat selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals atau SDGs.

General Manager Enterprise and Goverments Service Telkom Regional Sumatera, Suwito menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk menjembatani permasalahan utama di perguruan tinggi baik yang ada di Sumatera maupun di Jabodetabek. Innovillage dapat mengkolaborasi tridharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitan dan pengembangan sekaligus pengabdian kepada masyarakat.

“Inti dari Innovillage ini sebagai jembatan bagaimana penelitian dan pengabdian masyarakat itu bisa sejalan sehingga kami bisa berperan aktif didalam program tersebut. Program Innovillage ini sebenarnya salah satu bentuk corporate social responsibility dari Telkom kepada masyarakat, dalam hal ini kita berikan dalam bentuk bantuan untuk melakukan program tridharma perguruan tinggi itu lebih nyata ke masyarakat,” jelasnya.

Suwito juga mengatakan di tahun 2020 ada 250 grup yang ikut dalam event Innovillage ini dengan 100 proposal yang dibiayai. Di tahun 2021 terdapat 300 grup dan di tahun 2022 angkanya terus meningkat yaitu 350 dengan 150 project proposal dari 120 perguruan tinggi. Hal ini menunjukkan antusiasme yang meningkat dari tahun ke tahun.

Pada program Innovilage 2023 terdapat peningkatan total pendanaan yang mencapai lebih dari Rp. 3,75 Milyar. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada program Innovillage tahun ini akan ada Building Capacity Team dan Business Incubation.

Program ini menawarkan dua skema yang dapat diikuti oleh peserta, yaitu skema peningkatan dampak sosial berdasarkan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan tujuh prioritas implementasi dan skema keberlanjutan bagi peserta yang sebelumnya telah menerima pendanaan dari program Innovilage.

General Manager B2B Service Telkom Regional Jabodetabek, Sonya Soraya mengajak seluruh mahasiswa untuk dapat berpartisipasi pada program Innovillage 2023. Kesempatan ini terbuka untuk mahasiswa di semua perguruan tinggi karena tidak dibedakan mana yang negeri maupun yang swasta sehingga mempunyai peluang yang sama untuk meningkatkan inovasi digital di kalangan mahasiswa.

“Saya pikir tidak alasan mahasiswa untuk tidak tertarik karena memang program ini adalah program nyata yang bisa menjembatani tridharma perguruan tinggi tersebut dengan pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.

Penulis: Sonia Dewi | Editor: Runik Machfiroh | Foto: Tim Innovillage

#Telkom Indonesia #Innovillage #Telkom University #Innovillage 2023 #CDC Telkom Indonesia #Perguruan Tinggi Sumatera dan Jabodetabek
Share post:
Top