Loading...

Sustainable Development Goals(SDGs) - Energi Bersih dan Terjangkau

Innovillage
Share post:

BANDUNG, Telkom University – Pembangunan ekonomi inklusif adalah cara paling efektif untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan. Tetapi sebagian besar kegiatan ekonomi tidak mungkin dilakukan tanpa akses ke energi  yang memadai, andal, dengan harga bersaing dan modern. Energi dan penggunaannya harus seefisien, berkelanjutan, dan  terbarukan. Dengan menggabungkan beberapa teknologi efisiensi energi, desain bangunan yang baik, dan teknologi atap terbarukan yang baru, gedung zero net energy sudah bisa dibangun. Dalam banyak kasus, gedung-gedung tersebut menghasilkan tenaga matahari yang dialirkan ke dalam jaringan untuk dipakai pihak lain.

Selain efisiensi energi, reformasi kebijakan dan pengurangan subsidi, tentu juga perlu  memastikan bahwa negara-negara beralih dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan.  Kemajuan teknologi yang pesat telah membuat energi terbarukan menjadi lebih murah bagi semua orang. Sekarang ada investasi yang signifikan dalam energi terbarukan bersama seperti tenaga air dan dalam teknologi canggih seperti  panas bumi, tenaga surya dan tenaga angin. 

Program yang dilaksanakan untuk mengimplementasikan SDGs di bidang energi bersih dan terjangkau adalah memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan, dan modern bagi semua. Target dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ketujuh adalah memastikan adanya akses universal terhadap pelayanan energi yang terjangkau, dapat diandalkan dan modern, meningkatkan secara substantif proporsi energi terbarukan dalam energi campuran global, dan menggandakan laju perbaikan efisiensi energi.


#Innovillage2022
Share post:
Top