Loading...

Sustainable Development Goals (SDGs) - Menjaga Ekosistem Laut

Innovillage
Share post:

BANDUNG, Telkom University – Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Social Project Innovilage harus memiliki unsur kemanfaatan untuk masyarakat, solusi digital, kolaborasi dan sustainable serta memiliki keterkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) mendorong terciptanya kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang terukur. Menjaga Ekosistem Laut merupakan salah satu dari total 17 Sustainable Development Goals (SDGs).

Ekosistem laut meliputi unsur biotik atau makhluk hidup serta abiotik mencangkup seluruh kehidupan di laut. Dengan adanya biota laut dapat menyerap polutan dengan jumlah yang sangat besar sehingga dapat mengurangi polusi di laut. Selain itu juga dapat menjadi sumber pangan dan perikanan bagi masyarakat. Ekosistem laut harus terus dikembangkan agar dapat memberikan peluang besar bagi kehidupan masyarakat. 

Mengkonservasi dan memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan, samudra dan maritim untuk pembangunan yang berkelanjutan. Target dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang keempat belas mencegah dan secara signifikan mengurangi segala jenis polusi kelautan, terutama dari aktivitas daratan dan meningkatkan keuntungan ekonomi bagi negara berkembang kepulauan kecil dan negara kurang berkembang dari penggunaan yang berkelanjutan terhadap sumber daya kelautan.  

##Innovillage2022
Share post:
Top