Loading...

Program Innovillage 2023 Siap Mendukung Pencapaian SDGs

Innovillage
Share post:

Bandung, 25 Oktober 2023

Program sociopreneurship terbesar di Indonesia, Innovilage 2023, kembali diselenggarakan oleh Telkom Indonesia dan Telkom University. Grand Launching dan Sosialisasi di Wilayah Jawa Barat program ini dilaksanakan pada Rabu (25/10), yang dibuka oleh General Manager Regional Enterprise and Governments Service Telkom Indonesia, Ricka Febriliantina dan Ketua Pelaksana Innovilage 2023, AT Hanuranto.

Program Innovilage 2023 kembali dengan pembaharuan revolusioner dengan skala dan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia. Antusiasme mahasiswa sejalan dengan besarnya pembaharuan yang dihadirkan oleh Innovilage 2023, tercermin dalam partisipasi lebih dari seribu peserta yang berasal dari perguruan tinggi di wilayah Jawa Barat maupun Indonesia.

Innovilage merupakan kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital yang ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. Program ini merupakan salah satu implementasi nyata dari tri dharma Perguruan Tinggi, poin pengabdian masyarakat. Innovillage 2023 mengusung tema ‘Empowering Young Sociopreneur for National Development’ dan tagline #DigitaluntukSemua.

Tujuan utama dari program Innovilage 2023 adalah menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi, pengembangan dan transformasi berkelanjutan dari Social Projects menjadi startup berbasis kewirausahaan sosial. Innovilage mendorong mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam menangani berbagai permasalahan masyarakat melalui pengembangan aplikasi digital yang sesuai dengan tujuan Social Development Goal’s (SDGs).

“Kolaborasi antara Telkom Indonesia dan Telkom University dalam program ini untuk menerima semua ide dan kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menjawab permasalahan utama masyarakat. Kami siap mendukung program ini dengan pendanaan dan memberikan bantuan dalam pengembangan kapasitas mahasiswa, hingga tahap inkubasi bisnis,” jelas Ricka.

Pada program Innovilage 2023 terdapat peningkatan total pendanaan yang mencapai lebih dari Rp. 3,75 Miliar dan pendampingan hingga tahap inkubasi bisnis, Innovilage 2023 juga hadir dengan konsep baru. Pada tahun 2023, Innovillage akan dikemas dalam bentuk baru yang memiliki dua skema yang dapat diusulkan, yaitu Skema Peningkatan Dampak Sosial Berbasis SDG dengan 7 prioritas implementasi untuk Social Project baru; dan Skema Keberlanjutan yang dikhususkan bagi peserta yang telah menerima pendanaan dari program Innovillage tahun-tahun sebelumnya.

“Tidak hanya dalam hal besaran pendanaan dan tahapan inkubasi bisnis, tetapi juga dalam menargetkan desa. Selain desa pedesaan (rural village), program ini sekarang telah menetapkan target sebanyak 16.236 kampung kota (urban village) sebagai fokus Innovilage 2023. Keputusan ini diambil dengan tujuan memberikan dampak yang lebih luas dan signifikan,” ucap AT Hanuranto.

Penulis: Sonia Dewi (DCS) | Editor: Runik Machfiroh | Foto: Tim Innovillage

#Digital Untuk semua #Telkom University #Innovillage 2023 #BUMN #BUMN INDONESIA #CDC Telkom Indonesia
Share post:
Top