Loading...

Innovillage 2023 sebagai Solusi Permasalahan Masyarakat

Innovillage
Share post:

Bandung, 20 Oktober 2023

Program sociopreneurship terbesar di Indonesia, Innovilage 2023, kembali menyelenggarakan sosialisasi. Sosialisasi dilaksanakan bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) secara online melalui Zoom Meeting pada Senin (30/10). Kegiatan ini dihadiri oleh 188 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen yang berasal dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

Innovillage 2023 merupakan salah satu program inovasi dibidang pengabdian masyarakat melalui mahasiswa yang telah diselenggarakan sejak tiga tahun yang lalu dan saat ini memasuki penyelenggaraan tahun ke empat. Program social project ini merupakan program kolaborasi Telkom Indonesia melalui Community Development Center dan Telkom University sebagai Host.

Innovillage 2023 mengusung tema ‘Empowering Young Sociopreneur for National Development’ dan tagline #DigitaluntukSemua, hadir kembali dan mengajak perguruan tinggi dan mahasiswa seluruh Indonesia untuk bergabung, berinovasi serta bersama-sama menyelesaikan masalah yang di masyarakat selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals atau SDGs.

Senior Manager Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan CDC Telkom Indonesia, Suharsono menjelaskan bahwa Innovillage bertujuan untuk menjadi wadah yang menginspirasi dan mendorong para inovator untuk mengembangkan ide-ide baru, solusi yang kreatif dan produk atau layanan yang inovatif yang bermanfaat bagi Masyarakat dan lingkungan. Innovilage mendorong mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam menangani berbagai permasalahan masyarakat melalui pengembangan aplikasi digital yang sesuai dengan tujuan Social Development Goal’s (SDGs).

“Kami kembali dan mengajak perguruan tinggi dan mahasiswa seluruh Indonesia untuk bergabung, berinovasi serta bersama-sama menyelesaikan masalah yang di masyarakat selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals atau SDGs,” jelasnya.

Pada program Innovilage 2023 terdapat peningkatan total pendanaan yang mencapai lebih dari Rp. 3,75 Milyar. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada program Innovillage tahun ini akan ada Building Capacity Team dan Business Incubation.

Program ini menawarkan dua skema yang dapat diikuti oleh peserta, yaitu skema peningkatan dampak sosial berdasarkan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan tujuh prioritas implementasi dan skema keberlanjutan bagi peserta yang sebelumnya telah menerima pendanaan dari program Innovilage.

Ketua Umum Forum Silaturahmi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, Dr. Gatot Sugiarto mengajak para mahasiswa, khususnya mahasiswa yang berada di bawah Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah untuk mengikuti program Innovillage 2023 sebagai wadah untuk menciptakan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat.

“Selamat mengikuti acara Innovillage 2023, semoga Allah swt. memberikan lindungan dan limpahan serta keberkahan untuk segala niat baik dan ikhtiar kita dalam memajukan Bangsa kita tercinta, Bangsa Indonesia,” ucapnya.

Penulis: Sonia Dewi | Editor: Runik Machfiroh | Foto: Tim Innovillage

#Telkom Indonesia #SDGs #Telkom University #Innovillage 2023 #BUMN #CDC Telkom Indonesia #Asosiasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah
Share post:
Top