Loading...

Krisik Asikk: Program Pemberdayaan Komunitas Industri Kreatif Pemuda Desa Sebagai Katalis Realisasi Virtual Tourism Village

04 Oktober 2021
Sekolah Tinggi Manajemen Ppm

Projek

  • Judul:Krisik Asikk: Program Pemberdayaan Komunitas Industri Kreatif Pemuda Desa Sebagai Katalis Realisasi Virtual Tourism Village
  • Tanggal:04 Oktober 2021 - 28 November 2021
  • Lokasi Sosial Projek:Jawa Timur, Kabupaten Blitar, Gandusari, Krisik.

Inovator

  • Perguruan Tinggi:Sekolah Tinggi Manajemen Ppm
  • Ketua:Galang Setya Adi Prawira
  • Angota#1:-

SDGs

Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan

Share

Deskripsi

Dengan adanya program INNOVILLAGE, saya menjadi yakin dan percaya bahwa setiap pemuda mampu membawa dampak baik bagi lingkungannya. Meskipun hanya mampu memberikan hal yang kecil, pemuda mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Saya merasa bangga dengan lolosanya saya ke tahap TOP 120 INNOVILLAGE yang akhirnya membawa saya untuk menggerakan desa.

Program INNOVILLAGE membantu saya dalam mewujudkan keinginan untuk membangun ekosistem digital di desa saya yang masih kurang terbina. Program ini membuat adik – adik di desa saya memiliki pengalaman dan pengetahuan baru mengenai hebatnya digitalisasi apabila dimaksimalkan

Saya berharap program ini dapat berlanjut untuk tahun – tahun berikutnya untuk melahirkan desa – desa digital lainnya di seluruh Indonesia. 

Inovasi Social Project

Desa Krisik adalah desa wisata dengan segudang potensi, Desa Krisik menjadi wilayah yang menjanjikan untuk dijadikan sebagai wilayah pengembangan ekonomi kreatif. Namun, wacana dan impian ini akan sangat sulit tercapai. Meskipun sudah menyandang gelar sebagai desa wisata, Krisik masih belum terlalu dikenal dan dikunjungi banyak orang. Hingga saat ini, kebanyakan pengunjung adalah masyarakat yang berasal dari daerah sekitar saja, seperti kabupaten Blitar dan Kecamatan Ngantang, Malang. Penyebab utamanya adalah minimnya fasilitas, jarak yang terlalu jauh dengan pusat transportasi (bandara, terminal, dan stasiun), serta kurangnya sounding kepada masyarakat luas mengenai desa ini. Maka dari itu, perlu adanya pemberdayaan komunitas pemuda yang mampu memperkenalkan desa Krisik ke masyarakat luas. Dengan pesatnya kemajuan teknologi, pemuda memiliki peluang untuk memperkenalkan desanya melalui media sosial yang marak digunakan semua orang.

Dengan adanya peluang tersebut, munculah ide untuk melatih para pemuda bagaimana cara membuat konten visual berupa video yang menarik, sehingga desa Krisik dapat menarik minat wisatawan dari daerah luar. Adapun capaian dari Implementasi social project yang telah dilaksanakan adalah terbentuknya komunitas kreatif yang akan membangun desa dari segi pariwisata dan digitalisasi. Komunitas ini diharapkan dapat terus bertumbuh dan menyebarkan karya yang positif dan menginspirasi. Komunitas ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi warga desa . Dengan adanya kolaborasi dengan pihak pemerintah desa dan pemuda pemudi yang masih menjalankan studi di luar daerah untuk menjadi kontributor, diharapkan mampu memberikan sharing pengalaman dan pengetahuannya kepada pemuda lain. Faktor ini juga akan turut berperan dalam menjaga keberlanjutan program ini untuk kedepannya.

Tonton video dokumentasi di sini.

Top