Loading...

Upgrade Level UMKM dengan Go Digital

04 Oktober 2021
Universitas Dinamika

Projek

  • Judul:Upgrade Level UMKM dengan Go Digital
  • Tanggal:04 Oktober 2021 - 28 November 2021
  • Lokasi Sosial Projek:Jawa Timur, Kabupaten Madiun, Mejayan, Klecorejo.

Inovator

  • Perguruan Tinggi:Universitas Dinamika
  • Ketua:Widya Asri Rahayu N
  • Angota#1:Muhammad Naufal P
  • Angota#2:Alicia

SDGs

Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi Infrastruktur, Industri dan Inovasi

Share

Deskripsi

Inovasi Social Project

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terletak di Desa Klecorejo merupakan penopang perekonomian Indonesia. Arti UMKM itu sendiri tertulis dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM merupakan bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM lazimnya dilakukan dengan batasan omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset, serta jumlah karyawan. Sedangkan usaha yang tidak masuk sebagai UMKM dapat dikategorikan sebagai usaha besar, yakni usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari usaha menengah, yang meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, usaha patungan, dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia. Desa Klecorejo merupakan desa yang terletak di kecamatan Mejayan, Madiun, Jawa Timur. Desa ini memiliki 170 hektar ladang pertanian, dan 240 hektar luas perumahan. Penduduk di Desa Klecorejo mayoritas bekerja sebagai buruh tani, buruh pabrik, dan pedagang kaki lima sehingga desa ini berpotensi dapat dikembangkan. Sejatinya, desa Klecorejo ini mempunyai toko kelontong, warung, sampai showroom motor. Namun warga Desa Klecorejo hanya menjual barang dagangannya secara offline atau hanya melalui warung saja, hal tersebut dapat menghambat penjualan dari barang tersebut. Sejatinya, warga Desa Klecorejo cukup paham bagaimana cara menggunakan media sosial tetapi mereka belum memiliki kemampuan yang maksimal. Karena keadaan saat ini sudah masuk ke era digital atau era modern, penjualan maupun penghasilan yang didapat warga Desa Klecorejo ini mengalami keterpurukan, karena banyaknya UMKM di sekitar kota Madiun menjual barangnya secara online dan kondisi ini dapat mengakibatkan warga lebih sering beralih untuk membeli barang secara online dan mengakibatkan penjualan di Desa Klecorejo ini kalah bersaing dengan kota yang lain.

Solusi yang diberikan adalah dengan mengembangkan website sederhana yang berisi informasi tentang Desa Klecorejo supaya dapat memperkenalkan Desa Klecorejo secara luas, dan mengadakan kegiatan sosialisasi pelatihan “memasarkan produk UMKM secara online” sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat selaku pemilik UMKM dalam menjual produknya ke ranah digital. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan UMKM di masa pandemi COVID-19. Tidak hanya pelatihan bagaimana cara memasarkan produk yang benar, tetapi kami memberikan pelatihan yaitu bagaimana cara mengembangkan produk, pemasaran digital, hingga desain produk supaya menarik di perhatian konsumen. Tujuan dari sosialisasi ini adalah memperkaya Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bersaing di dunia kewirausahaan.

Kegiatan innovillage dapat ditonton di sini.

Top