Loading...

Aplikasi Satu Pintu Sebagai Pelayan Prima

04 Oktober 2021
Telkom University

Projek

  • Judul:Aplikasi Satu Pintu Sebagai Pelayan Prima
  • Tanggal:04 Oktober 2021 - 28 November 2021
  • Lokasi Sosial Projek:Dki Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Petogogan.

Inovator

  • Perguruan Tinggi:Telkom University
  • Ketua:Mahdiyah Syifa Sitorus
  • Angota#1:Muhammad Rafialdy P
  • Angota#2:Shafira Noor Sabrina

SDGs

Infrastruktur, Industri dan Inovasi Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan

Share

Deskripsi

Setelah melalui proses developing dan juga pengumpulan informasi sepenting-pentingnya, penulis berhasil membangun relasi terhadap warga secara mendalam sehingga maksud dari tujuan penulis ini tersampaikan. Proses yang penulis lalui dalam jangka waktu yang cukup singkat ini menghasilkan hasil berupa bahwa warga daerah Pesanggrahan menerima dan memerlukan aplikasi “SMART RW” yang menjadi program penulis pada Innovillage ini, aplikasi kolom khusus untuk Karang Taruna akan membangkitkan kesadaran anggotanya untuk memanfaatkan aplikasi tersebut. si yang penulis bangun berhasil berada pada titik keberhasilan dikarenakan penulis mampu mengelola informasi dan kebutuhan yang diperlukan warga dan mengimplementasikannya pada aplikasi ini, dengan aplikasi ini, masalah-masalah yang ada pada masyarakat dapat mulai terselesaikan. Salah satu contohnya adalah kesadaran terhadap keaktifan Karang Taruna warga setempat yang dapat dibilang sudah mulai meredup, sehingga dengan adanya aplikasi ini yang menyediakan. Dapat disimpulkan bahwa warga Pesanggrahan setempat merasakan kebermanfaatan aplikasi ini. penulis berhasil merangkai aplikasi yang mencangkup kebutuhan-kebutuhan masyarakat dan dengan aplikasi ini juga penulis dapat memberikan solusi dari masalah yang sedang dihadapi masyarakat tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa warga Pesanggrahan setempat merasakan kebermanfaatan aplikasi ini. penulis berhasil merangkai aplikasi yang mencangkup kebutuhan-kebutuhan masyarakat dan dengan aplikasi ini juga penulis dapat memberikan solusi dari masalah yang sedang dihadapi masyarakat tersebut.

Link Youtube:

https://youtu.be/E6YDhqmcTyw

proses implementasi

Memulai dengan melakukan pencarian informasi terhadap permasalahan dan kebutuhan yang sedang dihadapi warga Pesanggrahan setempat. Penulis mewawancarai langsung RT dan juga RW daerah tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Setelah mewawancari RT dan RW, penulis diarahkan oleh dosen pembimbing penulis untuk mewawancarai langsung warga setempat sehingga penulis mendapatkan informasi dari banyak sisi.

Berlanjut melakukan developing terhadap aplikasi SMART RW ini. Informasi seperti kebutuhan yang dibutuhkan dalam aplikasi atau konten seperti apa yang ingin dihadirkan dalam aplikasi tersebut penulis implementasikan dalam aplikasi ini. Penulis melakukan pengukuhan terakhir dengan melalukan pertemuan sebelum melakukan launching aplikasi tersebut di platform playstore. penulis diarahkan oleh dosen pembimbing penulis untuk menghubungi RT sehingga penulis dapat disambungkan langsung dengan perwakilan PKK sehingga kebutuhan dari PKK pun bisa kamu tampung dalam aplikasi tersebut. Lalu setelah aplikasi sudah kukuh dan sudah layak, penulis bertemu salah satu perwakilan Karang Taruna setempat untuk memberikan arahan bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut.

“Kami sangat senang dan bangga mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan innovilage 2021 ini, acara ini sangat mengasah kreativitas serta bermanfaat kepada orang sekitar yang membutuhkan inovasi baru di lingkungan sekitarnya. Semoga acara innovilage di tahun berikutnya semakin sukses dan dapat semakin bermanfaat untuk berbagai pihak dan kalangan.”

Tonton Video dokumentasi

Top