PENGANTAR

Assalamua’laikum Wr.Wb. dan Salam sejahtera untuk kita semua.

Saat ini kita semua masih menghadapi tantangan di tengah Pandemi Covid-19. Kondisi ini membuat kita untuk selalu dan terus melakukan perubahan dan inovasi di berbagai bidang kehidupan. Telkom University sebagai lembaga pendidikan tinggi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan jumlah mahasiswa aktif saat ini sekitar 32 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan terus berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan berbasis teknologi informasi dan memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dengan mutu yang baik dalam upaya bersama mencerdaskan kehidupan bangsa melakukan inovasi, baik di bidang penbelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tahun 2021 Telkom University dianugerahi penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta terakreditasi Unggul di Indonesia berdasarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Peringkat 1 (satu) versi Times Higher Education World University Ranking (THEWUR) dan Peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) versi Webometrics edisi Juli 2021.

Sejalan dengan program pemerintah melalui Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) diimplementasikan dan diadopsi pada sistem pembelajaran dalam kurikulum. Dengan Kurikulum Merdeka Belajar ini, mahasiswa didorong untuk mengasah kemampuan teknis dan analisisnya di lapangan maupun di industri dengan baik untuk menghasilkan talent-talent berkualitas. Untuk mewujudkan dan meningkatkan program ini, Telkom University bersinergi dengan berbagai mitra baik alumni, industry dan masyarakat.

Program InnoVillage 2021 hadir dengan tagline Empowering Young Sociopreneur For Sustainable Digital Village yang merupakan kolaborasi yang diinisiasi antara Telkom Community Development Center (CDC Telkom) dan Direktorat Career, Alumni, and Endowment (CAE) Telkom University.

Program ini mewadahi mahasiswa untuk tetap produktif di tengah Pandemi Covid-19 dengan melakukan kegiatan sosial di desa yang membawa kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Program Kampus Merdeka yaitu Kuliah Kerja Nyata atau Kegiatan Lapangan sebagai wujud nyata Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa.

Dengan melatih kepekaan sosial mahasiswa terhadap problem-problem sosial masyarakat saat ini khususnya di tengah Pandemi Covid-19 maupun kondisi secara umum, kami juga dorong untuk mampu memberikan ide dan gagasan solutif dengan ukuran yang jelas berupa kebermanfaatan sosial dalam bentuk Social Project.

Melalui ini kami mengajak Perguruan Tinggi se Indonesia untuk mendorong mahasiswa/i untuk bergabung bersama dalam Program InnoVillage 2021, jadilah pionir talent-talent digital masa depan bangsa. Saat nya Perguruang Tinggi dan Mahasiswa mengambil peran nyata di tengah-tengah masyarakat dan mewujudkan Indonesia Maju.

Terima kasih atas perhatiannya, saya juga mengajak untuk tetap selalu patuhi protokol kesehatan dimanapun berada dengan jangan lupa memakai masker, sering mencuci tangan dan jaga jarak. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan Pandemi Covid-19 ini segera berlalu.

Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.

Assalamua’laikum Wr.Wb. dan Semangat Pagi !

Terjadinya Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk bertahan ditengah situasi yang penuh dengan tantangan. Adaptasi New Normal yang sedang diterapkan saat ini membutuhkan banyak inovasi baru di beragam bidang kehidupan masyarakat.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Telkom Indonesia melalui unit Community Development Center, memiliki tugas untuk melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), salah satunya fokus pada Bidang Pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan sinergi dan kolaborasi dengan institusi Pendidikan untuk dapat melahirkan inovasi berupa aplikasi sederhana yang dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Telkom Indonesia melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebagai bentuk tanggung jawab untuk dapat membantu masyarakat dan mendukung inovasi-inovasi baru yang tepat guna bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Innovilage merupakan program inisiatif hasil kolaborasi antara unit Telkom Community Development Center sebagai pengelola PKBL bersama Telkom University sebagai instansi pendidikan Telkom. Semoga program ini dapat melahirkan innovator-inovator muda yang dapat memberdayakan desa asalnya untuk tetap bertahan ditengah tantangan pandemi Covid-19. Harapannya, melalui program ini nantinya terdapat 120 titik desa sebagai perwakilan dari masing-masing daerah di seluruh Indonesia yang memiliki inovasi terbaru hasil karya mahasiswa. Beragam social project yang lahir dari program ini, juga dapat mengasah kepekaan mahasiswa sebagai generasi penerus untuk dapat menganalisa permasalahan lingkungan sekitarnya serta berani memberikan solusi.

Besar harapan kami, banyak mahasiswa yang dapat mengikuti dan berpartisipasi. Semoga social project dengan beragam solusi masyarakat yang dihasilkan, dapat menjadi bukti nyata partisipasi aktif anak muda Indonesia untuk membangun daerahnya.

Terimakasih atas perhatiannya, tetap jaga Kesehatan, patuhi protokol Kesehatan yang berlaku, dan sehingga kita semua dapat melalui pandemi ini dengan produktif dan memberi manfaat bagi masyarakat dan Bangsa Indonesia.

Salam Solid,Speed,Smart. Win Digital

Wassalamualaikum Wr.Wb